Berita Terbaru

Mal Pelayanan Publik, Komitmen Pemkab Purwakarta Layani Warga Sepenuh Hati

Mal Pelayanan Publik, Komitmen Pemkab Purwakarta Layani Warga Sepenuh Hati

access_time2020-03-10 09:08:34 tagBerita Harian

Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman. Nota tersebut disepakati antara Pemerintah Kabupaten Purwakarta bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya terus melakukan inovasi di bidang pelayanan publik. Menurut dia, inovasi tersebut berguna dalam rangka kecepatan dan ketepatan aparatur sipil negara dalam memberikan pelayanan.“Sudah zamannya serba cepat dan tepat. Mal Pelayanan Publik kita prioritaskan untuk seluruh warga Purwakarta. Semuanya harus terlayani secara cepat dalam satu gedung. Jadi, kita memiliki pelayanan terintegrasi,” kata Anne. Tepatnya, usai penandatanganan MoU pada Selasa (10/03/2020) di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta. Anne menjelaskan bahwa Mal Pelayanan Publik merupakan pembaharuan sistem pelayanan publik di Indonesia. Sistem ini adalah generasi ketiga dari sistem pelayanan terpadu satu atap yang beberapa tahun lalu pernah diluncurkan.Anne berharap performa birokrasi di Purwakarta semakin efektif dan efisien melayani warga. Karena itu, dirinya siap mengawal kebijakannya tersebut sampai pada tatanan teknis.“Prinsipnya melayani dengan hati. Birokrat di Purwakarta harus merasakan kebutuhan warganya. Ini penting dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. Sehingga, orientasi kerja menjadi lebih maksimal. Target dan strateginya kita tetapkan dan jalankan bersama seluruh lini birokrasi,” katanya. Didukung Menteri Langkah Pemkab Purwakarta mendapat dukungan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo. Mantan Menteri Dalam Negeri itu bahkan menyaksikan langsung penandatanganan MoU bersama dengan 46 kepala daerah lainnya. Senada dengan Anne, Tjahjo pun berujar hal yang sama. Menurut dia, teknologi informasi harus terintegrasi dengan pelayanan publik demi kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan. Sehingga, masyarakat tidak lagi direpotkan dengan kebiasaan birokrasi yang njelimet. “Semangatnya mengintegrasikan pelayanan. Itu kita harus satu suara dulu di situ. Purwakarta dan 46 daerah lain hari ini menyatukan suara demi pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat,” kata Tjahjo.Sebanyak 100 lebih jenis layanan akan tersedia di Mal Pelayanan Publik. Layanan tersebut mulai dari identitas kependudukan, dokumen pertanahan, dokumen perizinan, sampai dokumen imigrasi. (*)

Gempungan Di Buruan Urang Lembur

Gempungan Di Buruan Urang Lembur

access_time2020-03-04 07:21:38 tagBerita Tautan

Masyarakat Desa Cihideung, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, memadati halaman desa setempat. Mereka menghadiri acara “Gempungan di Buruan Urang Lembur” yang diinisiasi Pemkab Purwakarta, Rabu (04/03/2020). Gempungan di Buruan Urang Lembur merupakan pelayanan jemput bola gabungan dari seluruh dinas terkait kepada masyarakat. Kepala Desa Cihideung Engkos Kosasih mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Purwakarta, dalam hal ini bupati Purwakarta, yang telah membantu masyarakatnya melalui program tersebut. "Sangat terbantu sekali dan masyarakat sangat antusias," kata dia. Dalam kegiatan ini, berbagai pelayanan digelar, mulai dari pelayanan perizinan, pelayanan keluarga berencana, pembuatan dokumen kependudukan, pelayanan kesehatan, serta perpustakaan keliling. Tak hanya itu, para petani di desa setempat mendapat bantuan kartu tani dari Dinas Pertanian serta pembagian susu gratis dari Dinas Peternakan. Sebagian masyarakat pun mendapatkan bantuan untuk diikutkan program keluarga penerima jaminan kesehatan melalui jaminan kesehatan nasional. "Semoga program pelayanan yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat ini terus berlanjut," ujar Bupati Purwakarta.Di tempat yang sama.Progam ini memberikan akses langsung kepada masyarakat Purwakarta untuk mendapatkan pelayanan. Mereka tidak perlu repot mengantri di loket-loket dinas karena petugas dinas datang langsung menemui masyarakat."Program ini langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama di Kecamatan Pasawahan,Diketahui, selain dihadiri unsur Muspika, sejumlah kepala dinas juga turut hadir dalam acara tersebut.

RAPAT KOORDINASI PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK

RAPAT KOORDINASI PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK

access_time2020-02-03 08:39:59 tagBerita Harian

Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Drs. H. Iyus Permana, MM. memimpin Rapat Koordinasi sekaligus Sosialisasi Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Purwakarta bertempat di Aula Janaka Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta pada Jumat 24 Januari 2020. Hadir dalam rapat tersebut para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta beberapa unsur Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Rapat diawali dengan pemaparan rencana penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Purwakarta oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Purwakarta R. Muchamad Nurcahja, ST, MM. Dalam paparannya dijelaskan bahwa salah satu dasar dari pelaksanaan MPP adalah Peraturan Menteri PANRB No. 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik. Dimana tujuan diselenggarakannya MPP adalah untuk memberi kemudahan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan selain itu untuk meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di Indonesia. Adapun penyelenggara dari MPP tersebut adalah Organisasi Perangkat Daerah yang melaksanakan tugas dan fungsi di Bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam hal ini DPMPTSP Kab. Purwakarta. Kepala DPMPTSP juga menjelaskan MPP ini akan diisi oleh berbagai instansi dari beberapa unsur baik Pemerintahan Daerah, BUMN/BUMD, Kementrian/Lembaga serta Perbankan yang akan bergabung bersama dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat. Adapun jenis layanan yang rencananya akan diberikan di MPP diantaranya berbagai pelayanan perizinan, kependudukan, perpajakan, keimigrasian dll. Rapat diakhiri dengan sesi tanya jawab.       

Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Serang dan Komisi I DPRD Kabupaten Serang

Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Serang dan Komisi I DPRD Kabupaten Serang

access_time2020-01-29 03:35:12 tagBerita Harian

Senin, 20 Januari 2020 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Purwakarta menerima kunjungan dari Pemkab Serang dan Komisi I DPRD Kabupaten Serang bertempat di Aula DPMPTSP Kab. Purwakarta. Dalam Kunjungan tersebut rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinas R. Muchamad Nurcahja, ST.,MM. beserta para pejabat Eselon III di lingkup Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Purwakarta. Adapun maksud dari kunjungan tersebut adalah dalam rangka memperoleh informasi terkait perizinan berusaha yang telah dilaksanakan di DPMPTSP Kab. Purwakarta sebagai referensi guna meningkatkan kapasitas, kualitas serta kuantitas dalam memberikan pelayanan terbaik di bidang penanaman modal dan perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Serang.

Pengawasan Perijinan PT.IS Indonesia Utama

Pengawasan Perijinan PT.IS Indonesia Utama

access_time2019-12-30 06:20:17 tagBerita Internal

Pengawasan Perijinan PT.IS Indonesia Utama 21/05/2018