Refleksi dan Edukasi Bale Madukara (Kreasi Madukara) yang Ke-1 Tahun

Refleksi dan Edukasi Bale Madukara (Kreasi Madukara) yang Ke-1 Tahun

person access_time2021-12-07 15:44:39 tagBerita Tautan

Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika menghadiri Acara Kegiatan Refleksi dan Edukasi Bale Madukara (Kreasi Madukara) yang Ke-1 (Satu) Tahun, bertempat di Bale Sawala Yudisthira.

Salah satu kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta yang tertuang dalam visi dan misi Kabupaten Purwakarta di dalam RPJMD tahun 2018-2023 adalah meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan profesional. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Purwakarta berupaya melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan melaksanakan beraneka ragam inovasi pelayanan publik, digitalisasi dan melakukan kolaborasi dengan berbagai instansi, baik Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten, Provinsi, BUMN/BUMD maupun instansi vertikal yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Hal ini sudah sejalan dengan program pemerintah pusat melalui peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 89 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik. Dalam Perpres ini diamanatkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP), yang merupakan pengintegrasian pelayanan publik yang diberikan oleh Kementrian, Lembaga, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, BUMN/BUMD serta Swasta secara terpadu pada 1 (satu) tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan dan keamanan pelayanan.  

Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah berhasil mewujudkan hal tersebut dengan terselenggaranya Mal Pelayanan Publik Bale Madukara yang telah diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia pada tanggal 7 Desember 2020.

Dalam satu tahun perjalanannya, MPP Bale Madukara telah menjadi etalase terdepan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat luas khususnya di Kabupaten Purwakarta, hingga saat ini sudah terdapat 36 instansi yang bergabung di Bale Madukara dengan 215 jenis layanan. 

Pelayanan penanaman modal, perizinan dan non perizinan berusaha yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Purwakarta di MPP Bale Madukara telah mendapatkan apresiasi dari Kementerian Investasi/BKPM RI dalam Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021 sebagai nomine dalam penilaian kinerja PTSP dan percepatan pelaksanaan berusaha Pemerintah Daerah Kabupaten dengan kategori sangat baik.

Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta juga berhasil memperoleh Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021 dari Presiden RI melalui Kementerian Investasi/BKPM RI sebagai Kabupaten terbaik kelima Se-Indonesia atau Nasional dalam pelayanan investasi, serta menjadi Mal terbaik pertama di Jawa Barat.

Keberhasilan ini harus menjadi motivasi seluruh pihak untuk terus bersinergi dan berkolaborasi, serta melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan minat dan realisasi investasi di Kabupaten Purwakarta yang didukung oleh berbagai inovasi pelayanan publik, pada hari ini Bupati Purwakarta melakukan launching aplikasi SILAPAK Prestasi atau Sistem Informasi Pelayanan Pro Aktif Promosi Investasi dan Inovasi Pelayanan Publik. Diharapkan aplikasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan calon investor/pelaku usaha untuk meningkatkan realisasi investasi sebagai salah satu motor pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Purwakarta.

Bupati Purwakarta mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama mewujudkan penyelenggaran MPP Bale Madukara dan khususnya kepada DPMPTSP Kabupaten Purwakarta selaku pengelola MPP Bale Madukara.

Bupati juga mengucapkan selamat ulang tahun yang pertama kepada Bale Madukara. Diharapkan tetap sukses, tetap ksatria dan tetap menjadi kebanggaan masyarakat Purwakarta, serta senantiasa memberikan pelayanan yang prima guna mewujudkan dan melanjutkan Purwakarta Istimewa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Purwakarta, Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Para Asisten Sekretaris Daerah dan Staf Ahli, Para Kepala Perangkat Daerah Se-Kabupaten Purwakarta, Pimpinan Instansi yang bergabung di MPP Bale Madukara, Para Camat Se-Kabupaten Purwakarta, dan tamu undangan lainnya.

 

Sumber: https://prokompipurwakarta.blogspot.com/2021/12/refleksi-dan-edukasi-bale-madukara.html

BAGIKAN :

Komentar